Cetak Novel


 Pengertian Novel dan Jenisnya, Penulis Pemula Wajib Tahu

Novel merupakan salah satu jenis karya sastra. Jika Anda pernah berkunjung ke toko buku, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis karya sastra tersebut. Berbagai macam genre yang tersedia.

Diantaranya seperti genre novel romantis, fantasi, horor, dan lain sebagainya. Sama dengan karya sastra lainnya, buku tersebut mempunyai ciri struktur unsur serta kaidah dalam kebahasaan yang tidak boleh terlupakan.

Pengertian Novel

Merupakan karangan prosa panjang yang memiliki kandungan rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang yang berada di sekelilingnya. Jenis karya sastra tersebut juga menceritakan watak dan sifat dari setiap pemeran yang ada dalam cerita. Sifat yang dimiliki roman lebih kompleks panjang, serta mempunyai alur dan latar yang berbagai macam.

Adapun pengertian lainnya yaitu salah satu jenis karya sastra yang merupakan hasil dari imajinasi membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau sejumlah tokoh. Cerita yang ada di dalamnya mulai dengan munculnya persoalan yang biasanya tokoh alami serta diakhiri dengan penyelesaian masalah.

Roman sendiri termasuk dalam kategori jenis buku fiksi. Istilah novel sendiri diambil dari bahasa Itali yaitu nonella yang artinya bentuk jamak dari novellus. Novella merupakan anekdot yang diperbesar layaknya yang dijumpai dalam decameron klasik di Italia abad ke-14. Karya sastra tersebut dapat dukungan dari unsur-unsur intrinsik serta ekstrinsik.

Unsur-Unsur Roman

Bagi Anda seorang penulis, maka Anda sebelum mencetak karya sastra serta diterbitkan, Anda perlu mengetahui unsur-unsur intrinsik serta ekstrinsik.

Unsur Intrinsik

Artinya semua unsur yang membentuk karya sastra tersebut yang berasal dari dalamnya. Adapun diantaranya seperti berikut.

Tema

Merupakan latar belakang dari cerita novel, ide dasar dari sebuah karya. Biasanya tema menjadi dasar yang dipakai untuk mengembangkan sebuah cerita.

Alur

Alur merupakan pola pengembangan dari cerita yang terbentuk oleh sebab akibat. Secara umumnya, alur terbagi menjadi sejumlah bagian seperti situasi pengantar masuk ke cerita, pengungkapan ke konflik, klimaks, hingga penyelesaian dari konflik.

Latar

Latar adalah gambaran tentang peristiwa yang terjadi pada karya sastra tersebut. Nah, untuk latar sendiri berhubungan dengan waktu, tempat, serta suasana.

Tokoh

Toko adalah para pelaku yang memiliki peranan dalam cerita.

Penokohan

Penokohan adalah penyajian dari watak-watak tokoh yang ada dalam cerita. Dari penyajian tersebut dapat terlihat dari perilaku tokoh, pilihan tokoh, dialog, deskripsi, atau penjabaran dari penulis sendiri.

Gaya Bahasa

Penulis sendiri mempunyai gaya bahasa dalam menyampaikan cerita yang dikemas menjadi sebuah buku. Pada umumnya, bahasa yang digunakan seperti majas atau diksi tertentu.

Amanat

Amanat adalah pesan moral yang berada dalam sebuah cerita. Biasanya amanat sendiri menjadi kesimpulan dari peristiwa yang ada dalam cerita.

Unsur-Unsur Ekstrinsik

Unsur-unsur ekstrinsik merupakan semua unsur yang membentuk novel berasal dari luar. Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

Kandungan Nilai yang Ada Pada Cerita

Nilai yang terdapat pada sebuah cerita karya sastra seperti nilai budaya, moral, agama, serta sosial.

Latar Belakang Pengarang

Dalam sebuah karya sastra tersebut tentunya terdapat latar belakang pengarang. Untuk latar belakang pengarang mencakup keseluruhan hal yang berkaitan dengan pemahaman serta motivasi dari penulis.

Latar belakang masyarakat adalah segala hal yang berkaitan dengan masyarakat yang dapat mempengaruhi alur cerita.

Jenis-Jenis Roman

Karya sastra novel bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan kisah nyata atau fiksi terdapat dua jenis yaitu fiksi atau nonfiksi. Jenis fiksi merupakan karya sastra yang bercerita tidak berdasarkan sesuai dengan kenyataan atau dapat disebut juga dengan karangan.

Sementara untuk jenis non fiksi yaitu bercerita mengenai hal-hal yang pernah terjadi dalam kehidupan nyata atau sesuai dengan kisah nyata. Terdapat salah satu contoh yang legendaris di Indonesia sendiri seperti Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata.

Penggunaan Tempat Cetak Buku

Setelah mengetahui pengertian, unsur-unsurnya, maka Anda bisa membuat karya sastra yang indah. Sebagai seorang penulis, setelah menciptakan sebuah karya pastinya ingin karya Anda diketahui oleh masyarakat luas. Adapun salah satu cara dengan mencetak novel menjadi sebuah buku.

Di samping itu, Anda bisa mengunggah karya di beberapa platform, namun tidak semua masyarakat bisa mengaksesnya. Oleh karena itu, karya sastra novel yang dicetak menjadi buku bisa membantu mereka yang kesulitan dalam mengakses melalui media online.

Jika Anda masih pemula tentunya akan mempertimbangkan tempat dalam mencetak karya. Tidak menjadi masalah, sebelum Anda mencetak karya, Anda bisa melakukan perbandingan antara tempat cetak yang satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk memilih tempat cetak buku yang mempunyai harga terjangkau serta kualitasnya mumpuni. Kendati demikian, Anda akan mempunyai pengalaman yang menyenangkan karena karya Anda bisa dinikmati oleh masyarakat luas dalam bentuk buku novel.

Penggunaan tempat cetak buku yang tepat, membuat Anda memperoleh banyak keuntungan. Bahkan di sana juga bisa mencetak buku tahunan, majalah, company profile, dan masih banyak lagi.

Mengenai informasi lebih lanjut tentang tempat cetak novel tersebut, Anda bisa mengunjungi website resmi di www.tempatcetakbuku.com. Dijamin karya sastra Anda tercetak dengan kualitas bagus, karena menggunakan kertas yang berkualitas serta rapi dalam pengerjaan. Poin penting yang lain, harganya sesuai dengan dompet Anda. Nah, Anda tidak perlu khawatir jika masyarakat luas tidak bisa menikmati novel karya Anda dengan puas.

Novel romantis, cerita novel, buku novel, cetak novel