Cetak Majalah, Mengenal Majalah, Pengertian, Fungsi, hingga Jenisnya

 


Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan istilah majalah atau magazine. Ya, Anda tidak salah dengar, Anda sendiri waktu sekolah TK atau Sekolah Dasar sering memegang dan membaca buku jenis ini.

Majalah ini masih menjadi bagian dari media massa cetak yang umum bagi masyarakat. Namun, sekarang ini mungkin peminat majalah tidak seperti dulu. Saat jaman dahulu, tepatnya saat jaman penjajahan, keberadaan media massa dinyatakan berperan penting dalam proses kemerdekaan negara Indonesia.

Mengenal Apa itu Majalah?

Menurut Soeatminah (1987), majalah ialah terbitan berkala yang mencakup artikel-artikel dengan terbitan dalam waktu yang tak terbatas dan mempunyai nomor urut.

Berdasarkan para ahli, pengertian majalah adalah media massa yang terbit secara berkala dan berisi mengenai artikel informasi dengan bidang yang bersangkutan dalam makalah tersebut. Keberadaan media massa ini muncul tidak lama setelah surat kabar.

Di Indonesia, keberadaan media massa ini mempunyai sejarah yang cukup lama dan dibagi menjadi empat periode, yakni awal kemerdekaan, zaman orde lama, zaman orde baru, dan zaman reformasi.

Media massa ini terbit dengan sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Sederhananya, redaksi sudah menentukan sejak awal siapa yang akan menjadi pembacanya, apakah anak-anak, remaja, wanita dewasa, pria dewasa, atau umum.

Akan tetapi, sasaran pembaca majalah itu tidak sekedar didasarkan pada jenis kelamin dan usia saja, tapi bisa didasarkan pada aspek profesi. Sebagai contohnya, pembaca berperan sebagai pelaku bisnis.

Fungsi Majalah

Sebuah majalah mempunyai fungsi yang berbeda-beda dengan jenis lainnya. Hal tersebut tergantung pada informasi yang termuat di dalamnya. Misalnya, seperti Tempo yang mempunyai fungsi sebagai media informasi yang berisi kejadian di dalam dan luar negeri, serta sebagai hiburan.

Berbeda lagi dengan jenis majalah wanita dewasa seperti Femina. Dalam media tersebut, tulisannya termuat di dalam adalah mengenai informasi dan tips seputar masalah kewanitaan, sehingga berfungsi untuk mendidik, akan tetap ada unsur menghiburnya. Selanjutnya, ada juga media pertanian Trubus, yang berfungsi memberikan pendidikan dan pengarahan soal cara bercocok tanam.

Berikut beberapa fungsi magazine secara umum:

1. Bagi Penerbit

·         Sebagai media belajar organisasi.

·         Sebagai media komunikasi.

·         Majalah sebagai media promosi.

·         Sebagai media penyaluran bakat dalam bidang penulisan.

·         Sebagai sarana investasi.

2. Bagi Pembaca

·         Sebagai sumber informasi

·         Majalah sebagai media komunikasi

·         Sebagai penyampai demokrasi.

·         Media pembelajaran berbasis baca dan tulis.

·         Media peningkatan kreativitas dan hiburan.

Jenis Majalah

Jenis media massa ini terbagi lebih dari dua dengan fungsi yang hampir tidak sama. Selain itu, isi setiap masing-masing jenis juga berbeda. Langsung saja berikut jenisnya:

1. Majalah Ilmiah

Majalah Ilmiah biasanya berisikan sumber informasi paling mutakhir, entah itu terkait penemuan atau teori maupun perkembangan teranyar dalam ilmu pengetahuan. Biasanya akan dikelola sekaligus diterbitkan secara khusus dari lembaga-lembaga ilmiah dalam ilmu pengetahuan. Dimana akan diterbitkan oleh perguruan tinggi, organisasi profesi, dan lembaga ilmiah.

2. Majalah Anak

Majalah anak adalah media massa yang terbit secara berkala dan berisi mengenai pengetahuan umum dengan target pembaca anak-anak. Media massa ini bisa digunakan sebagai alat pembelajaran, karena memuat banyak gambar dan ilustrasi, sehingga anak tidak akan bosan.

Selain itu, magazine for kids secara tidak langsung juga bisa memberikan kecerdasan pada anak. Hal ini lantaran memuat banyak bacaan yang bisa mengemabangkan keterampilan, pengetahuan, dan kreativitas pada anak.

Keberadaan media massa jenis ini mempunyai banyak manfaat sama halnya dengan media massa lain. Manfaat tersebut antara lain, bisa mengembangkan imajinasi anak, mendapatkan informasi dan wawasan, hingga meningkatkan keharmonisan antara anak dan orang tua. Saking manfaatnya banyak dan menguntungkan, media massa ini banyak orang tua beli untuk anak-anaknya.

3. Majalah Religius

Pada majalah religius biasanya memuat artikel keagamaan. Meskipun pembacanya media massa ini cukup terbatas, karena tidak semua bisa membacanya, tapi banyak peminatnya.

4. Majalah Pria

Majalah pria berisikan artikel-artikel yang berhubungan dengan hobi, seks, outfits, tips gym, dan masih banyak lagi. Untuk gaya penulisan lebih sederhana dan langsung pada pokok pembicaraan.

5. Majalah Umum

Pada majalah umum, biasanya terdapat topik khusus yang dibahas di dalamnya. Informasi yang termuat bersifat khusus dan tidak ada segmen tertentu.

6. Majalah Wanita

Pada majalah wanita memuat artikel mengenai gaya hidup wanita, mulai dari resep makanan, seputar gosip, kolom rubrik curhat, tips make up, cerita inspirasi, dan masih banyak lagi. Salah satu contoh magazine wanita terpopuler yakni Femina dan Nova. Sedangkan untuk remaja putri adalah Gadis dan Teen.

Harga Majalah Cetak VS Digital 

Setelah membaca informasi di atas, mungkin akan ada pertanyaan mengenai harga majalah cetak dengan versi digitalnya. Keduanya mempunyai perbandingan yang sangat jauh. Untuk harga majalah cetak sendiri lebih mahal, karena proses pembuatan menggunakan kertas yang berkualitas tinggi hingga warna.

Selain itu, tinta untuk mencetak pun juga harus maksimal. Tinta yang digunakan juga harus bermerek. Berbeda dengan majalah digital yang mana lebih murah, karena tidak membutuhkan peralatan dan bahan tambahan, seperti tinta dan kertas.

Versi digital hanya menggunakan perangkat pintar baik gadget, laptop, dan tablet saja. Jadi hanya modal ketik mengetik, lalu simpan.

Nah, untuk Anda yang ingin mencetak majalah beraneka jenis bisa langsung mengunjungi website resmi kami tempatcetakbuku.com. Dijamin hasil memuaskan dan bisa dipahami oleh target pembaca.

Cetak MajalahJenis majalah, fungsi majalah, pengertian majalah